Berita

Pemeliharaan Dan Perawatan Pipa PVC

Pipa PVC (Polyvinyl Chloride) telah menjadi pilihan populer untuk sistem perpipaan di berbagai sektor seperti konstruksi, industri dan rumah tangga. Pipa PVC ini memiliki keunggulan di antaranya tahan lama, ringan, tahan terhadap korosi serta harga yang terjangkau sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan pipa ini. Pemeliharaan dan perawatan pipa PVC ini penting, ada beerapa aspek yang perlu diperhatikan ketika melakukan pemeliharaan dan perawatan pipa PVC diantaranya :

  1. Inspeksi Rutin

Inspeksi rutin adalah langkah awal untuk merawat pipa PVC. Pemeriksaan dilakukan secara berkala untuk mendeteksi adanya kerusakan, retakan maupun kebocoran. Inspeksi ini juga diperlukan untuk memastikan bahwa sambungan antar pipa terjaga dengan baik dan tidak ada kebocoran pada bagian persambungan atau sendi-sendi pipa.

  1. Menghindari paparan suhu ekstrem

Ketika suhu ekstrim dikenakan pada pipa PVC, pipa PVC dapat mengalami kerusakan. Oleh karena itu, pemasangan pipa PVC perlu menjauhi sumber panas yang intens, seperti tungku atau tungku gas. Selain itu, hindari juga pemasangan pipa PVC di area yang terkena sinar matahari secara langsung untuk jangka waktu yang lama. Pemaparan terhaadap sinar matahari dapat merusak pipa PVC dikarenakan pipa PVC tidak tahan terhadap sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.

  1. Perlindungan terhadap Bahan Kimia.

Pipa PVC tahan terhadap beberapa bahan kimia. Tetapi masih ada sejumlah bahan/zat kimia tertentu yang dapat merusak atau melemahkan material pipa. Perlunya memastikan bahwa pipa dialiri oleh material yang kompatibel terhadap pipa plastik agar kebocoran atau kerusakan pada pipa PVC dapat dihindari nantinya.

  1. Kebersihan

Pipa PVC perlu dijaga kebersihannya, pipa PVC perlu dipastikan agar saluran pipa terhindar dari kerak atau endapan atau penumpukan lainnya yang dapat menghambat aliran air di dalamnya. Pembersihan dianjurkan mengunakan peralatan yang direkomendasikan oleh produsen pipa PVC agar tetap bebas dari penyumbatan.

  1. Melindungi pipa dari tekanan berlebih

Pipa PVC memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik, tetapi masih rentan terhadap tekanan yang berlebih. Misalkan untuk pipa PVC Standard AW dirancang terhadap tekanan 10 bar sedangkan pipa PVC D dirancang untuk air tanpa tekanan. Jika pipa dialirkan dengan tekanan air yang berlebihan dikhawatirkan dapat merusak pipa dan mengakibatkan kebocoran. Pipa PVC juga tidak tahan terhadap tekanan eksternal yang berlebihan, jika terpapar tekanan eksternal maka pipa PVC harus segera diperbaiki dan digantikan untuk bagian yang rusak.

  1. Kelembapan dan Ventilasi perlu dijaga dengan baik

Pipa PVC dapat terpengaruh oleh kondisi kelembaban yang ekstrem. Pastikan pipa terlindungi dari kelembaban berlebih, terutama pada area yang rentan terhadap kelembapan tinggi atau tergenang air. Pastikan juga ada ventilasi yang baik di sekitar pipa PVC untuk menghindari kondisi lembab yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau kerusakan akibat kelembaban.

  1. Memerhatikan Ketepatan Instalasi

Instalasi perlu ketepatan terutama dalam perawatan pipa PVC. Pipa terpasang perlu dipastikan secara benar dan sesuai dengan panduan instalasi yang diberikan. Sambungan pipa perlu dipastikan secara tepat, termasuk penggunaan perekat PVC yang sesuai untuk menjaga kekuatan dari sambungan

  1. Melindungi Pipa dari Kerusakan Mekanis

Pipa PVC dapat terkena kerusakan mekanis jika tidak dilindungi dengan baik. Perlu menghindari pemukulan atau benturan pada pipa PVC. Pipa perlu dipastikan agar terlindungi menggunakan pelindung pipa seperti papan atau selubung, di area yang rentan kena benturan atau aktivitas manusia.

  1. Memperhatikan perbaikan yang cepat

Perlu melakukan perbaikan yang cepat dan jangan biarkan kerusakan memburuk atau kebocoran memperburuk kondisi pipa. Mengabaikan perbaikan yang diperlukan dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut atau bahkan kebocoran yang lebih serius. Perlu menggunakan lem pipa PVC yang berkualitas untuk penyambungan fitting dan pipa agar lebih awet

 

Rucika menghadirkan Pipa PVC Standard baik AW maupun D yang memiliki lifetime selama 50 tahun sehingga mampu mengalirkan air sehingga dapat memenuhi kebutuhan dari pelanggan. Pipa PVC Rucika Standard memiliki standar kualitas internasional, mengandung calcium zinc tanpa timbal, kuat dan tidak mudah pecah, menggunakan aditif khusus, tahan terhadap kontaminasi bahan kimia, dapat digunakan untuk berbagai jenis sistem air bersih dan buangan, terbuat dari uPVC yang bersifat thermoplastic, dan memiliki beraneka ragam fitting/sambungan