Berita

Tips: Solusi Perawatan Saluran Air Buangan di Rumah

Anda pernah mengalami masalah pipa yang tersumbat di rumah? Apabila pernah, tentu anda pernah merasakan betapa sulitnya untuk memperbaiki pipa yang tersumbat tersebut. Pipa yang tersumbat biasanya memang sulit diatasi terutama dalam hal mendeteksi bagian-bagian mana saja yang terjadi sumbatan. Apabila bagian yang tersumbat terletak di dalam rumah, maka tentu akan lebih sulit lagi untuk pembersihannya karena pipa sudah terlanjur ditanam di dalam tanah dan terpaksa harus membongkar lantai dan keramik untuk memperbaikinya

Sebelum mengenal solusi perawatan saluran air buangan, mari kita kenali lebih dulu sumber masalah penyebab sumbatan tersebut. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. Membuang benda-benda asing ke dalam wastafel, toilet, dan alat sanitair lainnya
    Seringkali pipa tersumbat diakibatkan oleh ulah pemilik rumah yang belum disiplin dalam membuang berbagai sampah (tisu, pembalut, kantung plastik, dll) ke dalam toilet ataupun wastafel. Sampah-sampah tersebut kadang memang dapat terhanyut ke saluran akhir namun tidak jarang pula mengendap dan bahkan menyumbat saluran perpipaan.